Wednesday, February 25, 2015

Mengapa barang dari China bisa lebih murah??

Mungkin banyak orang bertanya.
"Kenapa sih, kok barang dari China bisa murah, bikinan Indo aja ga bisa semurah itu, padahal itu lokal, ga kena biaya ekspor. Ehhh, apalagi kalo bahan bakunya dari Indo, trus diimpor oleh China, diolah, jadi barang jadi trus diekspor lagi ke Indo..."
Agak ga masuk akal sih, apalagi buat yang bahan bakunya dari Indonesia, masa produk China lebih murah??
"Jangan-jangan kualitasnya ga bagus nih". Eitss, jangan salah sangka, produk China kualitasnya ga kalah juga sama produk negara lain juga loh walaupun tidak semua.
"Trus kok bisa murah ya?"



Pemerintah Ungkap Kenapa Produk China Bisa Lebih Murah

Baiklah, mari kita lihat beberapa hal yang mengakibatkan produk China bisa lebih murah, bahkan ketika China harus mengimpor bahan baku dari negara lainnya...



-       Dukungan pemerintah.
  Pemerintah memberikan insentif pengurangan pajak hingga 15% kepada perusahaan yang berorientasi ekspor dan kepastian berusaha di China lebih kondusif sehingga segala macam proses perizinan bisa berjalan cepat (bisnis.news.co.id). Hal inilah yang menyebabkan produk China lebih murah 20-30% daripada produk nasional (Kementerian Perindustrian). Selain itu, ada sebagian wilayah tertentu di China yang dianggap mempunyai potensi produksi yang bagus, maka pemerintah akan membuat kebijaka dan kemudahan dalam perizinan,bahkan untuk jangka waktu tahun pertama produksi suatu pabrik, pemerintah membebaskan pajak dan malah kadang memberikan subsidi setiap jumlah barang yang diproduksi oleh pabrik tersbeut sekitar 10%.
-       Kebijakan pemerintah dalam menyiasati mata uangnya sehingga mata uangnya jauh di bawah nilai wajarnya. (kompasiana.com)
-   Pada umumnya, untuk industri, biaya komponen yang paling besar salah satunya terletak pada biaya riset dan pengembangan. China mampu menyiasati biaya pada variabel research dan development ini dengan memanfaatkan apa yang disebut reverse engineering, yaitu meniru material sesuai dengan bentuk aslinya  dan meniru material dengan modifikasi tertentu dari aslinya. Dengan memanfaatkan hal tersebut, maka produk China dapat memanfaatkan beragam jenis produk dalam waktu yang singkat.
-       Infrastruktur di China lebih tersedia sehingga bisa membuat perusahaan lebih efisien
-       Home industry yang diterapkan di China. Dengan adanya sistem home industry ini, rata-rata setiap rumah mengerjakan salah satu komponen produk, sehingga hampir semua penduduk di negara China bekerja, meskipun yang sudah usia lanjut, selama mereka masih mampu bekerja, maka mereka akan bekerja. Selain itu dengan adanya sistem home industry, biaya lembur, biaya pengawasan, biaya kesejahteraan yang biasanya ada pada perusahaan-perusahaan besar dapat dihindari, sehingga harga barangpun bisa menjadi lebih murah (tribiznetwork.com)

-       Jumlah produksi yang tinggi dan faktor pasar dalam negerinya yang melimpah

Hal di atas merupakan  beberapa alasan mengapa produk China bisa lebih murah di pasaran.
Ternyata ada alasan logisnya. Jadi jangan heran jika produk China bisa sangat murah dan mulai menguasai pasar. 

*dari berbagai sumber
*argumentasi


No comments: